Rabu, 17 Februari 2021

SILABUS ILMU BUDAYA DASAR [IBD]

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SILABUS

PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR

FAKULTAS USHULUDIN

INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA

Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148

Kode Arsip LPMI

:

 

Kode MK

:

IDQ1209

Mata Kuliah

:

Ilmu Budaya Dasar

Semester

:

2 (Dua)

Bobot SKS

:

2 (Dua)

Dosen

:

Arif fanani, M.Pd.

NIDN/NIK

:

2114048403 [di HES]

2114048403 [di BKPI]

 

A.                Deskripsi Matakuliah           :

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya merupakan suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya.

B.                 Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

1.      Mahasiswa menjelaskan manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban.

2.      Memahami, menguasai, dan mempraktekkan kosep manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban.

C.                Pokok Bahasan Perkulihan

1.       Pengantar Ilmu Budaya Dasar

2.       Manusia dan Cinta Kasih

3.       Manusia dan Keindahan

4.       Manusia dan Penderitaan

5.       Manusia dan Keadilan

6.       Manusia dan Pandangan Hidup

7.       Manusia dan Tanggung Jawab

8.       Manusia dan Kegelisahan

9.       Manusia dan Harapan

10.    Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

11.    Manusia dan Peradaban

12.    Manusia, Nilai, Moral dan Hukum

13.    Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

14.    Manusia, Keragaman dan Kesetaraan

D.                Metode Pembelajaran

Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka/daring, ceramah presentasi, Tanya jawab, penugasan terstruktur, dan praktik langsung

E.                 Alternative Media Pembelajaran

1.        Laptop dan LCD

2.        Video

3.        Gambar

4.      E-learning

F.                  Evaluasi Pembelajaran

1.        Untuk menilai proses pembelajaran masing-masing mahasiswa digunakan latihan soal. Di samping itu juga digunakan dua aspek penilaian lain yaitu kehadiran siswa dalam perkuliahan dan partisipasinya dalam proses perkuliahan.

2.        Untuk menilai hasil pembelajaran dilakukan test yaitu Ujian Tengan Semester (UTS) dan Ujian Akir Semester (UAS). Di samping itu juga terdapat komponen penilaian lain yang digunakan untuk menilai kemampuan penguasaan materi perkuliahan yaitu tugas terstruktur.

Penilaian akhir merupakan penggabungan dari skor yang diperoleh dengan pembobotan sebagai berikut.

a.        Ujian Tengah Semester (UTS)        : 30 %

b.        Ujian Akhir Semester (UAS)          : 40 %

c.        Tugas Mandiri/Kelompok                               : 20 %

d.        Kehadiran                                        : 10 %

Diformulasikan sebagai berikut:

Dengan kriteria penilaian sebagai berikut:

Interval

Nilai Akhir

86 – 100

71 – 85

56 – 70

41 – 55

1 - 40

A

B

C

D

E

G.                REFERENSI

1.     Munandar Sulaeman, 1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresco, Bandung.

2.     M.E. Suhendar dan Pien Supinah, 1993, Ilmu Budaya Dasar, Pioner Jaya, Bandung

3.     Parsudi Suparlan, 1984,Manusia Kebudayaan dan Lingkuangnnya, CV.Rajawali, Jakarta

4.     Harsya W. Bachtiar, 1985, Budaya dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita, Yogyakarta

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar