Rabu, 17 Februari 2021

RPS ILMU BUDAYA DASAR

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR

FAKULTAS USHULUDIN

INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA

Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh,
Kota Tangerang, Banten 15148

Kode Arsip LPMI

:

 

Kode MK

:

IDQ1209

Mata Kuliah

:

Ilmu Budaya Dasar

Semester

:

2 (Dua)

Bobot SKS

:

2 (Dua)

Dosen

:

Arif fanani, M.Pd.

NIDN/NIK

:

2114048403 [di HES]

2114048403 [di BKPI]

 

A.     

CPPS/ CPL

Sikap

1.       Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugasberdasarkan agama, moral dan etika

2.       Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadapmasyarakat dan lingkungan

3.       Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangkeahlianya secara mandiri

Pengetahuan

1.        Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkanpemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memilikikeingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkatindividual dan kelompok dalam komunitas akademik dan nonakademik

Ketarampilan Umum

1.       Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaianmasalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dandata

2.       Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yangberada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelolapembelajaran secara mandiri

3.       Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkanteknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuandan kemampuan kerja

Keterampilan Khusus

-

B.     

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya merupakan suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya.

C.     

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

1.        Mahasiswa menjelaskan manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban.

2.        Memahami, menguasai, dan mempraktekkan kosep manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban.

 

Minggu/ Pertemuan Ke-

Kemampan Akhir yang Diharapkan

Materi/ Tema Pokok

Metode Pembelajaran

Waktu Belajar (menit)

Pengalaman Belajar

Indikator dan Kriteria Penilaian

Nilai Bobot

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mahasiswa memahami Pengantar Ilmu Budaya Dasar

1.        Pengertian IBD

2.        Mengapa perlu IBD

3.        IBD bagi Mahasiswa

4.        Ruang Lingkup IBD

5.        Tujuan Instruksional IBD

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentag Ilmu Budaya Dasar

Mengerti dan memahami pengertian, ruang lingkup dan tujuan IBD

 

0

2

Mahasiswa dapat memahami Manusia dan Cinta Kasih

1.        Pengertian Cinta Kasih

2.        Cinta Menurut Ajaran Agama

3.        Pengertian kasih sayang, kemesraan dan pemujaan

4.        Cinta Kasih Erotis

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan cinta kasih

Mengerti dan memahami tentang pengertian cinta kasih, kemesraan dan pemujaan

5%

3

Mahasiswa dapat memahami Manusia dan Keindahan

1.        Pengertian Keindahan

2.        Hakikat dari Keindahan

3.        Hubungan Manusia dengan Keindahan

4.        Cara untuk mengetahui suatu Keindahan

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan keindahan

Mengerti dan memahami manusia dan keindahan

5%

4

Mahasiswa memahami Manusia dan Penderitaan

1.        Pengertia Penderitaan

2.        Kekalutan Mental

3.        Penderitaan dan Perjuangan

4.        Pengaruh Penderitaan

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusai dan penderitaan

Mengerti dan memahami pengertian dan pengaruh penderitaan

5%

5

Mahasiswa mampu memahami Manusia dan Keadilan

1.        Pengertian Keadilan

2.        Berbagai macam Keadialan

3.        Kejujuran, Kecurangan dan Pembalasan

4.        Pemulihan Nama Baik

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan keadilan

Mengerti dan memahamipengertian dan berbagai macam keadila

5%

6

Mahasiswa mampu memahami Manusia dan Pandangan Hidup

1.        Pengertian Pandangan Hidup

2.        Cita-cita

3.        Kebajikan

4.        Usaha atau Perjuangan

5.        Sikap Hidup

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan pandangan hidup

engerti dan memahami pengertian pandangan hidup dan cita-cita manusia

5%

7

Mahasiswa mampu memahami Manusia dan Tanggung Jawab

1.        Pengertian Tanggung Jawab

2.        Macam-macam Tanggung Jawab

3.        Pengabdian dan Pengorbanan

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan tanggung jawab

Mengerti dan memahami pengertian dan macam-macam tanggung jawab

5%

8

Ujian Tengah Semester

9

Mahasiswa memahami Manusia dan Kegelisahan

1.        Pengertian Kegelisahan

2.        Keterasingan

3.        Kesepian

4.        Ketidakpastian

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan kegelisahan

Mengerti dan memahami pengertian kegelisahan, keterasingan dan kesepian

5%

10

Mahasiswa memahami Manusia dan Harapan

1.        Pengertian Harapan

2.        Apa sebab Manusia mempunyai Harapan

3.        Faktor dalam Mencapai Harapan

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan harapan

Mengerti dan memahami konsep motivasi

5%

11

Mahasiswa memahami Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

1.        Manusia sebagai Makhluk Individu

2.        Manusia sebagai Makhluk Sosial

3.        Interaksi Sosial dan Sosialisas

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial

Mengerti dan memahami manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial

5%

12

Mahasiswa memahami Manusia dan Peradaban

1.        Pengertian Peradaban

2.        Manusia sebagai Makhluk Beradab

3.        Masyarakat Beradab

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan peradaban

Mengerti dan memahami pengertian peradaban dan manusia sebagai makhluk beradab

5%

13

Mampu memahani Manusia, Nilai, Moral dan Hukum

1.        Pengertian Nilai, Moral dan Hukum

2.        Fungsi Nilai, Moral dan Hukum

3.        Problematika Nilai, Moral dan Hukum

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia, nilai, moral dan hukum

mengerti dan memahamipengertian, fungsi dan problematika nilai, moral dan hukum

5%

14

Mampu memahami Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

1.        Pengertian Sains, Teknologi dan Seni

2.        Hakikat Manusia dan IPTEKS

3.        Dampak Penyalahgunaan IPTEKS terhadap Manusi

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

 

 

 

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang

mengerti dan memahami pengertian IPTEKS dan dampak penyalahgunaan IPTEKS terhadap manusia

5%

15

Mampu memahami Manusia, Keragaman dan Kesetaraan

Pengertian Keragaman dan Kesetaraan

Pembelajaran Kooperatif, Diskusi

2x50

Menit

Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia, keragaman, dan kesetaraan

Memahami pengertian keragaman dan kesetaraan

5%

16

Ujian Akhir Semester

 

D.    Daftar Referensi

1.        Munandar Sulaeman, 1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresco, Bandung.

2.        2.M.E. Suhendar dan Pien Supinah, 1993, Ilmu Budaya Dasar, Pioner Jaya, Bandung

3.        Parsudi Suparlan, 1984,Manusia Kebudayaan dan Lingkuangnnya, CV.Rajawali, Jakarta

4.        4.Harsya W. Bachtiar, 1985, Budaya dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita, Yogyakarta

 

 

 

 

 

Tangerang,   18 Februari 2021

Mengetahui,

 

Ketua Program Studi

 

 

 

 

 

                      Khoirun Nidhom, Lc.,MA.

                      NIDN/ NIK.

Dosen Pengampu

 

 

 

 

 

Arif fanani, M.Pd.

NIDN. 2118049101

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 


RENCANA PENUGASAN MAHASISWA

PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR

FAKULTAS USHULUDIN

INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA

Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh,
Kota Tangerang, Banten 15148

Mata Kuliah

:

Ilmu Budaya Dasar

Semester

:

2 (Dua)

SKS

:

2 (Dua)

Tahun Ajaran

:

2021/2022

Dosen

:

Arif fanani, M.Pd

Minggu ke-1

Tugas ke ...

1

Tujuan Tugas

:

 

2

Uraian Tugas

:

 

 

a.       Objek Tugas

:

 

 

b.      Batasan Pengerjaan Tugas

:

 

 

c.       Metode/ Cara dan Acuan Tugas

:

 

 

d.      Deskripsi Luaran Tugas

:

 

3

Kriteria Penilaian

:

 

 

a.       

:

 

 

b.      

:

 

 

c.       

:

 

Minggu ke-2

Tugas ke ...

1

Tujuan Tugas

:

 

2

Uraian Tugas

:

 

 

a.       Objek Tugas

:

 

 

b.      Batasan Pengerjaan Tugas

:

 

 

c.       Metode/ Cara dan Acuan Tugas

:

 

 

d.      Deskripsi Luaran Tugas

:

 

3

Kriteria Penilaian

:

 

 

a.       

:

 

 

b.      

:

 

 

c.       

:

 

Minggu ke-3 dst

Tugas ke ...

1

Tujuan Tugas

:

 

2

Uraian Tugas

:

 

 

a.      Objek Tugas

:

 

 

b.     Batasan Pengerjaan Tugas

:

 

 

c.      Metode/ Cara dan Acuan Tugas

:

 

 

d.     Deskripsi Luaran Tugas

:

 

3

Kriteria Penilaian

:

 

 

a.       

:

 

 

b.      

:

 

 

c.       

:

 

 

 

 

Mengetahui,

Ketua Prodi PGMI

 

 

 

 

 

Khoirun Nidhom, Lc.,MA

.NIDN/NIK.

 

Tangerang,   18 Februari 2021

 

Dosen Pengampu

 

 

 

 

 

                                        Arif fanani, M.Pd.

NIDN. 2118049101

 

 

Note :

1.          RPS ditanda tangani oleh : dosen pengampu, dan Kaprodi + Cap Idaqu

2.          RPS memuat : Kontrak kuliah, bahan ajar, rencana penugasan, dan instrumen dan deskripsi penilaian

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar