|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDIN INSTITUT
DAARUL QUR’AN JAKARTA Alamat : Jl.
Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, |
Kode
Arsip LPMI |
:
|
|
||||||||||
|
Kode
MK |
: |
IDQ1209 |
||||||||||||
|
Mata
Kuliah |
: |
Ilmu Budaya Dasar |
||||||||||||
|
Semester |
: |
2 (Dua) |
||||||||||||
|
Bobot
SKS |
: |
2
(Dua) |
||||||||||||
|
Dosen |
: |
Arif fanani, M.Pd. |
||||||||||||
|
NIDN/NIK |
: |
2114048403 [di HES] 2114048403 [di BKPI] |
||||||||||||
|
|
||||||||||||||
|
A. |
CPPS/
CPL |
Sikap 1.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
dalaam menjalankan tugasberdasarkan agama, moral dan etika 2.
Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial
serta kepedulian terhadapmasyarakat dan lingkungan 3.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas
pekerjaan di bidangkeahlianya secara mandiri |
||||||||||||
|
Pengetahuan 1.
Menguasai pengetahuan dan
langkah-langkah dalam mengembangkanpemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif
dan sistematis serta memilikikeingintahuan intelektual untuk memecahkan
masalah pada tingkatindividual dan kelompok dalam komunitas akademik dan
nonakademik |
||||||||||||||
|
Ketarampilan Umum 1.
Mampu mengambil keputusan secara tepat,
dalam konteks penyelasaianmasalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil
analisis informasi dandata 2.
Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yangberada di bawah tanggungjawabnya dan mampu
mengelolapembelajaran secara mandiri 3.
Menunjukkan kemampuan literasi
informasi, media dan memanfaatkanteknologi informasi dan komunikasi untuk
pengembangan keilmuandan kemampuan kerja |
||||||||||||||
|
Keterampilan Khusus - |
||||||||||||||
|
B. |
Deskripsi
Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dari
ilmu budaya dasardimana budaya merupakan suatu hal yang dapat memengaruhi
bagaimana manusia berperilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab
manusia terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya. |
||||||||||||
|
C. |
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
1.
Mahasiswa
menjelaskan manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan,
pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban. |
||||||||||||
|
2.
Memahami,
menguasai, dan mempraktekkan kosep manusia
dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung
jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban. |
||||||||||||||
|
|
||||||||||||||
|
Minggu/ Pertemuan Ke- |
Kemampan Akhir yang Diharapkan |
Materi/ Tema Pokok |
Metode Pembelajaran |
Waktu Belajar (menit) |
Pengalaman Belajar |
Indikator dan Kriteria Penilaian |
Nilai Bobot |
|||||||
|
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
|||||||
|
1 |
Mahasiswa
memahami Pengantar Ilmu Budaya Dasar |
1.
Pengertian IBD 2.
Mengapa perlu IBD 3.
IBD bagi Mahasiswa 4.
Ruang Lingkup IBD 5.
Tujuan Instruksional IBD |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentag Ilmu Budaya Dasar |
Mengerti
dan memahami pengertian, ruang lingkup dan tujuan IBD |
0 |
|||||||
|
2 |
Mahasiswa
dapat memahami Manusia dan Cinta Kasih |
1.
Pengertian Cinta
Kasih 2.
Cinta Menurut
Ajaran Agama 3.
Pengertian kasih
sayang, kemesraan dan pemujaan 4.
Cinta Kasih
Erotis |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia
dan cinta kasih |
Mengerti
dan memahami tentang pengertian cinta kasih, kemesraan dan pemujaan |
5% |
|||||||
|
3 |
Mahasiswa
dapat memahami Manusia dan Keindahan |
1.
Pengertian
Keindahan 2.
Hakikat dari
Keindahan 3.
Hubungan Manusia
dengan Keindahan 4.
Cara untuk
mengetahui suatu Keindahan |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia
dan keindahan |
Mengerti
dan memahami manusia dan keindahan |
5% |
|||||||
|
4 |
Mahasiswa
memahami Manusia dan Penderitaan |
1.
Pengertia
Penderitaan 2.
Kekalutan Mental 3.
Penderitaan dan
Perjuangan 4.
Pengaruh
Penderitaan |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusai
dan penderitaan |
Mengerti
dan memahami pengertian dan pengaruh penderitaan |
5% |
|||||||
|
5 |
Mahasiswa
mampu memahami Manusia dan Keadilan |
1.
Pengertian
Keadilan 2.
Berbagai macam
Keadialan 3.
Kejujuran,
Kecurangan dan Pembalasan 4.
Pemulihan Nama
Baik |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan keadilan |
Mengerti
dan memahamipengertian dan berbagai macam keadila |
5% |
|||||||
|
6 |
Mahasiswa
mampu memahami Manusia dan Pandangan Hidup |
1.
Pengertian
Pandangan Hidup 2.
Cita-cita 3.
Kebajikan 4.
Usaha atau
Perjuangan 5.
Sikap Hidup |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan pandangan hidup |
engerti
dan memahami pengertian pandangan hidup dan cita-cita manusia |
5% |
|||||||
|
7 |
Mahasiswa
mampu memahami Manusia dan Tanggung Jawab |
1.
Pengertian
Tanggung Jawab 2.
Macam-macam
Tanggung Jawab 3.
Pengabdian dan
Pengorbanan |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan tanggung jawab |
Mengerti
dan memahami pengertian dan macam-macam tanggung jawab |
5% |
|||||||
|
8 |
Ujian Tengah Semester |
|||||||||||||
|
9 |
Mahasiswa
memahami Manusia dan Kegelisahan |
1.
Pengertian Kegelisahan 2.
Keterasingan 3.
Kesepian 4.
Ketidakpastian |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia
dan kegelisahan |
Mengerti
dan memahami pengertian kegelisahan, keterasingan dan kesepian |
5% |
|||||||
|
10 |
Mahasiswa
memahami Manusia dan Harapan |
1.
Pengertian
Harapan 2.
Apa sebab
Manusia mempunyai Harapan 3.
Faktor dalam
Mencapai Harapan |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari
berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia dan harapan |
Mengerti dan memahami konsep motivasi |
5% |
|||||||
|
11 |
Mahasiswa
memahami Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial |
1.
Manusia sebagai
Makhluk Individu 2.
Manusia sebagai
Makhluk Sosial 3.
Interaksi Sosial
dan Sosialisas |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari
berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial |
Mengerti dan memahami manusia sebagai
makhluk individu dan makhluk sosial |
5% |
|||||||
|
12 |
Mahasiswa
memahami Manusia dan Peradaban |
1.
Pengertian
Peradaban 2.
Manusia sebagai
Makhluk Beradab 3.
Masyarakat
Beradab |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari berbagai sumber
baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia
dan peradaban |
Mengerti
dan memahami pengertian peradaban dan manusia sebagai makhluk beradab |
5% |
|||||||
|
13 |
Mampu
memahani Manusia, Nilai, Moral dan Hukum |
1.
Pengertian
Nilai, Moral dan Hukum 2.
Fungsi Nilai,
Moral dan Hukum 3.
Problematika
Nilai, Moral dan Hukum |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa
mencari informasi dari berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet
tentang manusia, nilai, moral dan hukum |
mengerti dan memahamipengertian, fungsi
dan problematika nilai, moral dan hukum |
5% |
|||||||
|
14 |
Mampu
memahami Manusia, Sains, Teknologi dan Seni |
1.
Pengertian
Sains, Teknologi dan Seni 2.
Hakikat Manusia
dan IPTEKS 3.
Dampak
Penyalahgunaan IPTEKS terhadap Manusi |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari
berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang |
mengerti
dan memahami pengertian IPTEKS dan dampak penyalahgunaan IPTEKS terhadap
manusia |
5% |
|||||||
|
15 |
Mampu
memahami Manusia, Keragaman dan Kesetaraan |
Pengertian
Keragaman dan Kesetaraan |
Pembelajaran Kooperatif, Diskusi |
2x50 Menit |
Mahasiswa mencari informasi dari
berbagai sumber baik buku, skripsi, ataupun internet tentang manusia, keragaman, dan kesetaraan |
Memahami pengertian keragaman dan
kesetaraan |
5% |
|||||||
|
16 |
Ujian Akhir Semester |
|||||||||||||
|
|
||||||||||||||
|
D. Daftar
Referensi |
||||||||||||||
|
1.
Munandar Sulaeman,
1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresco, Bandung. 2.
2.M.E.
Suhendar dan Pien Supinah, 1993, Ilmu Budaya Dasar, Pioner Jaya, Bandung 3.
Parsudi Suparlan,
1984,Manusia Kebudayaan dan Lingkuangnnya, CV.Rajawali, Jakarta 4.
4.Harsya
W. Bachtiar, 1985, Budaya dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita, Yogyakarta |
||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||
|
|
Tangerang,
18 Februari 2021 |
|||||||||||||
|
Mengetahui, |
|
|||||||||||||
|
Ketua Program
Studi
Khoirun Nidhom, Lc.,MA.
NIDN/
NIK. |
Dosen Pengampu Arif fanani, M.Pd. NIDN. 2118049101 |
|||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||
|
|
RENCANA
PENUGASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDIN INSTITUT
DAARUL QUR’AN JAKARTA Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec.
Cipondoh, |
Mata Kuliah |
: |
Ilmu Budaya Dasar |
||||
|
Semester |
: |
2 (Dua) |
||||||
|
SKS |
: |
2 (Dua) |
||||||
|
Tahun Ajaran |
: |
2021/2022 |
||||||
|
Dosen |
: |
Arif fanani, M.Pd |
||||||
|
Minggu ke-1 |
||||||||
|
Tugas ke ... |
||||||||
|
1 |
Tujuan Tugas |
: |
|
|||||
|
2 |
Uraian Tugas |
: |
|
|||||
|
|
a. Objek
Tugas |
: |
|
|||||
|
|
b. Batasan
Pengerjaan Tugas |
: |
|
|||||
|
|
c. Metode/
Cara dan Acuan Tugas |
: |
|
|||||
|
|
d. Deskripsi
Luaran Tugas |
: |
|
|||||
|
3 |
Kriteria Penilaian |
: |
|
|||||
|
|
a. |
: |
|
|||||
|
|
b. |
: |
|
|||||
|
|
c. |
: |
|
|||||
|
Minggu ke-2 |
||||||||
|
Tugas ke ... |
||||||||
|
1 |
Tujuan Tugas |
: |
|
|||||
|
2 |
Uraian Tugas |
: |
|
|||||
|
|
a. Objek
Tugas |
: |
|
|||||
|
|
b. Batasan
Pengerjaan Tugas |
: |
|
|||||
|
|
c. Metode/
Cara dan Acuan Tugas |
: |
|
|||||
|
|
d. Deskripsi
Luaran Tugas |
: |
|
|||||
|
3 |
Kriteria Penilaian |
: |
|
|||||
|
|
a. |
: |
|
|||||
|
|
b. |
: |
|
|||||
|
|
c. |
: |
|
|||||
|
Minggu ke-3 dst |
||||||||
|
Tugas ke ... |
||||||||
|
1 |
Tujuan Tugas |
: |
|
|||||
|
2 |
Uraian Tugas |
: |
|
|||||
|
|
a. Objek
Tugas |
: |
|
|||||
|
|
b. Batasan
Pengerjaan Tugas |
: |
|
|||||
|
|
c. Metode/
Cara dan Acuan Tugas |
: |
|
|||||
|
|
d. Deskripsi
Luaran Tugas |
: |
|
|||||
|
3 |
Kriteria Penilaian |
: |
|
|||||
|
|
a. |
: |
|
|||||
|
|
b. |
: |
|
|||||
|
|
c. |
: |
|
|||||
|
|
||||||||
|
Mengetahui, Ketua Prodi PGMI Khoirun Nidhom, Lc.,MA .NIDN/NIK. |
Tangerang, 18 Februari 2021 Dosen Pengampu Arif fanani, M.Pd. NIDN. 2118049101 |
|||||||
Note :
1.
RPS ditanda tangani oleh : dosen
pengampu, dan Kaprodi + Cap Idaqu
2.
RPS memuat : Kontrak kuliah, bahan
ajar, rencana penugasan, dan instrumen dan deskripsi penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar