|
SILABUS PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDIN INSTITUT DAARUL
QUR’AN JAKARTA Alamat : Jl.
Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota
Tangerang, Banten 15148 |
Kode
Arsip LPMI |
:
|
|
||||
|
Kode
MK |
: |
IDQ1209 |
|||||
|
Mata
Kuliah |
: |
Ilmu
Budaya Dasar |
|||||
|
Semester |
: |
2
(Dua) |
|||||
|
Bobot
SKS |
: |
2
(Dua) |
|||||
|
Dosen |
: |
Arif
fanani, M.Pd. |
|||||
|
NIDN/NIK |
: |
2114048403
[di HES] 2114048403
[di BKPI] |
|||||
|
|
|||||||
|
A.
Deskripsi
Matakuliah : Mata kuliah ini
membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya merupakan
suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku dalam
kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia
terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya. |
|||||||
|
B.
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah 1.
Mahasiswa
menjelaskan manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan,
pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban. 2.
Memahami, menguasai, dan mempraktekkan kosep manusia dan cinta
kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab,
kegelisahan, harapan, dan peradaban. |
|||||||
|
C.
Pokok Bahasan
Perkulihan 1. Pengantar Ilmu
Budaya Dasar 2. Manusia dan Cinta
Kasih 3. Manusia dan
Keindahan 4. Manusia dan
Penderitaan 5. Manusia dan
Keadilan 6. Manusia dan
Pandangan Hidup 7. Manusia dan
Tanggung Jawab 8. Manusia dan
Kegelisahan 9. Manusia dan
Harapan 10. Manusia sebagai
Makhluk Individu dan Makhluk Sosial 11. Manusia dan
Peradaban 12. Manusia, Nilai, Moral
dan Hukum 13. Manusia, Sains,
Teknologi dan Seni 14. Manusia,
Keragaman dan Kesetaraan |
|||||||
|
D.
Metode Pembelajaran Perkuliahan
dilaksanakan dalam bentuk tatap muka/daring, ceramah presentasi, Tanya jawab,
penugasan terstruktur, dan praktik langsung |
|||||||
|
E.
Alternative
Media Pembelajaran 1.
Laptop dan LCD 2.
Video 3.
Gambar 4.
E-learning |
|||||||
|
F.
Evaluasi
Pembelajaran 1.
Untuk
menilai proses pembelajaran masing-masing mahasiswa digunakan latihan soal.
Di samping itu juga digunakan dua aspek penilaian lain yaitu kehadiran siswa
dalam perkuliahan dan partisipasinya dalam proses perkuliahan. 2.
Untuk
menilai hasil pembelajaran dilakukan test yaitu Ujian Tengan Semester (UTS)
dan Ujian Akir Semester (UAS). Di samping itu juga terdapat komponen
penilaian lain yang digunakan untuk menilai kemampuan penguasaan materi
perkuliahan yaitu tugas terstruktur. Penilaian akhir
merupakan penggabungan dari skor yang diperoleh dengan pembobotan sebagai
berikut. a.
Ujian
Tengah Semester (UTS) : 30 % b.
Ujian
Akhir Semester (UAS) : 40 % c.
Tugas
Mandiri/Kelompok :
20 % d.
Kehadiran :
10 % Diformulasikan
sebagai berikut:
Dengan kriteria
penilaian sebagai berikut:
|
|||||||
|
G.
REFERENSI 1. Munandar
Sulaeman, 1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresco, Bandung. 2. M.E.
Suhendar dan Pien Supinah, 1993, Ilmu Budaya Dasar, Pioner Jaya, Bandung 3. Parsudi
Suparlan, 1984,Manusia Kebudayaan dan Lingkuangnnya, CV.Rajawali, Jakarta 4. Harsya
W. Bachtiar, 1985, Budaya dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita, Yogyakarta |
|||||||
