Rabu, 17 Februari 2021

SILABUS ILMU BUDAYA DASAR [IBD]

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SILABUS

PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR

FAKULTAS USHULUDIN

INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA

Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148

Kode Arsip LPMI

:

 

Kode MK

:

IDQ1209

Mata Kuliah

:

Ilmu Budaya Dasar

Semester

:

2 (Dua)

Bobot SKS

:

2 (Dua)

Dosen

:

Arif fanani, M.Pd.

NIDN/NIK

:

2114048403 [di HES]

2114048403 [di BKPI]

 

A.                Deskripsi Matakuliah           :

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya merupakan suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya.

B.                 Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

1.      Mahasiswa menjelaskan manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban.

2.      Memahami, menguasai, dan mempraktekkan kosep manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban.

C.                Pokok Bahasan Perkulihan

1.       Pengantar Ilmu Budaya Dasar

2.       Manusia dan Cinta Kasih

3.       Manusia dan Keindahan

4.       Manusia dan Penderitaan

5.       Manusia dan Keadilan

6.       Manusia dan Pandangan Hidup

7.       Manusia dan Tanggung Jawab

8.       Manusia dan Kegelisahan

9.       Manusia dan Harapan

10.    Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

11.    Manusia dan Peradaban

12.    Manusia, Nilai, Moral dan Hukum

13.    Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

14.    Manusia, Keragaman dan Kesetaraan

D.                Metode Pembelajaran

Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka/daring, ceramah presentasi, Tanya jawab, penugasan terstruktur, dan praktik langsung

E.                 Alternative Media Pembelajaran

1.        Laptop dan LCD

2.        Video

3.        Gambar

4.      E-learning

F.                  Evaluasi Pembelajaran

1.        Untuk menilai proses pembelajaran masing-masing mahasiswa digunakan latihan soal. Di samping itu juga digunakan dua aspek penilaian lain yaitu kehadiran siswa dalam perkuliahan dan partisipasinya dalam proses perkuliahan.

2.        Untuk menilai hasil pembelajaran dilakukan test yaitu Ujian Tengan Semester (UTS) dan Ujian Akir Semester (UAS). Di samping itu juga terdapat komponen penilaian lain yang digunakan untuk menilai kemampuan penguasaan materi perkuliahan yaitu tugas terstruktur.

Penilaian akhir merupakan penggabungan dari skor yang diperoleh dengan pembobotan sebagai berikut.

a.        Ujian Tengah Semester (UTS)        : 30 %

b.        Ujian Akhir Semester (UAS)          : 40 %

c.        Tugas Mandiri/Kelompok                               : 20 %

d.        Kehadiran                                        : 10 %

Diformulasikan sebagai berikut:

Dengan kriteria penilaian sebagai berikut:

Interval

Nilai Akhir

86 – 100

71 – 85

56 – 70

41 – 55

1 - 40

A

B

C

D

E

G.                REFERENSI

1.     Munandar Sulaeman, 1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresco, Bandung.

2.     M.E. Suhendar dan Pien Supinah, 1993, Ilmu Budaya Dasar, Pioner Jaya, Bandung

3.     Parsudi Suparlan, 1984,Manusia Kebudayaan dan Lingkuangnnya, CV.Rajawali, Jakarta

4.     Harsya W. Bachtiar, 1985, Budaya dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita, Yogyakarta

 

 

SAP ILMU BUDAYA DASAR [IBD]

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR

FAKULTAS USHULUDIN

INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA

Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148

Kode Arsip LPMI

:

 

Kode MK

:

IDQ1209

Mata Kuliah

:

Ilmu Budaya Dasar

Semester

:

2 (Dua)

Bobot SKS

:

2 (Dua)

Lecturer

:

Arif fanani, M.Pd.

NIDN/NIK

:

2114048403 [di HES]

2114048403 [di BKPI]

 

Deskripsi mata kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya merupakan suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya.

 

 

No

Tinjuan Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Materi Perkuliahan

Kegiatan perkuliahan

Penilaian

Alokasi Waktu

 

 

1

memahami Pengantar Ilmu Budaya Dasar

Kontrak belajar & RPS

1.        Pengertian IBD

2.        Mengapa perlu IBD

3.        IBD bagi Mahasiswa

4.        Ruang Lingkup IBD

5.        Tujuan Instruksional IBD

Dosen menjelaskan kontrak kuliah dan gambaran perkuliahan selama satu semester. Mahasiswa menandatangani persetujuan peraturan kontrak kuliah.

 

2 x 50 minutes

 

 

2

memahami Manusia dan Cinta Kasih

Manusia dan Cinta Kasih

1.        Pengertian Cinta Kasih

2.        Cinta Menurut Ajaran Agama

3.        Pengertian kasih sayang, kemesraan dan pemujaan

4.        Cinta Kasih Erotis

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

3

memahami Manusia dan Keindahan

Manusia dan Keindahan

1.        Pengertian Keindahan

2.        Hakikat dari Keindahan

3.        Hubungan Manusia dengan Keindahan

4.        Cara untuk mengetahui suatu Keindahan

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

4

memahami Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan

1.        Pengertia Penderitaan

2.        Kekalutan Mental

3.        Penderitaan dan Perjuangan

4.        Pengaruh Penderitaan

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

5

memahami Manusia dan Keadilan

Manusia dan Keadilan

1.        Pengertian Keadilan

2.        Berbagai macam Keadialan

3.        Kejujuran, Kecurangan dan Pembalasan

4.        Pemulihan Nama Baik

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

6

memahami Manusia dan Pandangan Hidup

Manusia dan Pandangan Hidup

1.        Pengertian Pandangan Hidup

2.        Cita-cita

3.        Kebajikan

4.        Usaha atau Perjuangan

Sikap Hidup

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

7

memahami Manusia dan Tanggung Jawab

Manusia dan Tanggung Jawab

1.        Pengertian Tanggung Jawab

2.        Macam-macam Tanggung Jawab

3.        Pengabdian dan Pengorbanan

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

8

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

 

 

9

memahami Manusia dan Kegelisahan

Manusia dan Kegelisahan

1.        Pengertian Kegelisahan

2.        Keterasingan

3.        Kesepian

4.        Ketidakpastian

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

10

memahami Manusia dan Harapan

Manusia dan Harapan

1.        Pengertian Harapan

2.        Apa sebab Manusia mempunyai Harapan

3.        Faktor dalam Mencapai Harapan

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

11

memahami Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

1.        Manusia sebagai Makhluk Individu

2.        Manusia sebagai Makhluk Sosial

3.        Interaksi Sosial dan Sosialisas

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Soal Latihan

2 x 50 minutes

 

 

12

memahami Manusia dan Peradaban

Manusia dan Peradaban

1.        Pengertian Peradaban

2.        Manusia sebagai Makhluk Beradab

3.        Masyarakat Beradab

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Postingan

2 x 50 minutes

 

 

13

memahani Manusia, Nilai, Moral dan Hukum

Manusia, Nilai, Moral dan Hukum

1.        Pengertian Nilai, Moral dan Hukum

2.        Fungsi Nilai, Moral dan Hukum

3.        Problematika Nilai, Moral dan Hukum

1.      mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.      penyampaian materi

3.      memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.      Menyimpulkan materi

5.      Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Postingan

2 x 50 minutes

 

 

14

memahami Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

Manusia, Sains, Teknologi dan Seni video atau gambar

1.        Pengertian Sains, Teknologi dan Seni

2.        Hakikat Manusia dan IPTEKS

3.        Dampak Penyalahgunaan IPTEKS terhadap Manusi

1.       mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.       penyampaian materi

3.       memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.       Menyimpulkan materi

5.       Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

Postingan

2 x 50 minutes

 

 

15

memahami Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

Manusia, Sains, Teknologi dan Seni

Pengertian Keragaman dan Kesetaraan

1.       mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran

2.       penyampaian materi

3.       memberikan makna terhadap materi pelajaran

4.       Menyimpulkan materi

5.       Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa.

 

2 x 50 menit

 

 

16

Ujian Akhir Semester (UAS)