Kamis, 26 Mei 2022
Rabu, 17 Februari 2021
SILABUS ILMU BUDAYA DASAR [IBD]
|
SILABUS PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDIN INSTITUT DAARUL
QUR’AN JAKARTA Alamat : Jl.
Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota
Tangerang, Banten 15148 |
Kode
Arsip LPMI |
:
|
|
||||
|
Kode
MK |
: |
IDQ1209 |
|||||
|
Mata
Kuliah |
: |
Ilmu
Budaya Dasar |
|||||
|
Semester |
: |
2
(Dua) |
|||||
|
Bobot
SKS |
: |
2
(Dua) |
|||||
|
Dosen |
: |
Arif
fanani, M.Pd. |
|||||
|
NIDN/NIK |
: |
2114048403
[di HES] 2114048403
[di BKPI] |
|||||
|
|
|||||||
|
A.
Deskripsi
Matakuliah : Mata kuliah ini
membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya merupakan
suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku dalam
kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia
terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya. |
|||||||
|
B.
Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah 1.
Mahasiswa
menjelaskan manusia dan cinta kasih, keindahan, penderitaan, keadilan,
pandangan hidup, tanggung jawab, kegelisahan, harapan, dan peradaban. 2.
Memahami, menguasai, dan mempraktekkan kosep manusia dan cinta
kasih, keindahan, penderitaan, keadilan, pandangan hidup, tanggung jawab,
kegelisahan, harapan, dan peradaban. |
|||||||
|
C.
Pokok Bahasan
Perkulihan 1. Pengantar Ilmu
Budaya Dasar 2. Manusia dan Cinta
Kasih 3. Manusia dan
Keindahan 4. Manusia dan
Penderitaan 5. Manusia dan
Keadilan 6. Manusia dan
Pandangan Hidup 7. Manusia dan
Tanggung Jawab 8. Manusia dan
Kegelisahan 9. Manusia dan
Harapan 10. Manusia sebagai
Makhluk Individu dan Makhluk Sosial 11. Manusia dan
Peradaban 12. Manusia, Nilai, Moral
dan Hukum 13. Manusia, Sains,
Teknologi dan Seni 14. Manusia,
Keragaman dan Kesetaraan |
|||||||
|
D.
Metode Pembelajaran Perkuliahan
dilaksanakan dalam bentuk tatap muka/daring, ceramah presentasi, Tanya jawab,
penugasan terstruktur, dan praktik langsung |
|||||||
|
E.
Alternative
Media Pembelajaran 1.
Laptop dan LCD 2.
Video 3.
Gambar 4.
E-learning |
|||||||
|
F.
Evaluasi
Pembelajaran 1.
Untuk
menilai proses pembelajaran masing-masing mahasiswa digunakan latihan soal.
Di samping itu juga digunakan dua aspek penilaian lain yaitu kehadiran siswa
dalam perkuliahan dan partisipasinya dalam proses perkuliahan. 2.
Untuk
menilai hasil pembelajaran dilakukan test yaitu Ujian Tengan Semester (UTS)
dan Ujian Akir Semester (UAS). Di samping itu juga terdapat komponen
penilaian lain yang digunakan untuk menilai kemampuan penguasaan materi
perkuliahan yaitu tugas terstruktur. Penilaian akhir
merupakan penggabungan dari skor yang diperoleh dengan pembobotan sebagai
berikut. a.
Ujian
Tengah Semester (UTS) : 30 % b.
Ujian
Akhir Semester (UAS) : 40 % c.
Tugas
Mandiri/Kelompok :
20 % d.
Kehadiran :
10 % Diformulasikan
sebagai berikut:
Dengan kriteria
penilaian sebagai berikut:
|
|||||||
|
G.
REFERENSI 1. Munandar
Sulaeman, 1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresco, Bandung. 2. M.E.
Suhendar dan Pien Supinah, 1993, Ilmu Budaya Dasar, Pioner Jaya, Bandung 3. Parsudi
Suparlan, 1984,Manusia Kebudayaan dan Lingkuangnnya, CV.Rajawali, Jakarta 4. Harsya
W. Bachtiar, 1985, Budaya dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita, Yogyakarta |
|||||||
SAP ILMU BUDAYA DASAR [IBD]
|
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN PROGRAM STUDI ILMU AL QUR’AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDIN INSTITUT DAARUL QUR’AN JAKARTA Alamat : Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009,
Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148 |
Kode Arsip LPMI |
: |
|
|||||||||
|
Kode MK |
: |
IDQ1209 |
|||||||||||
|
Mata Kuliah |
: |
Ilmu
Budaya Dasar |
|||||||||||
|
Semester |
: |
2
(Dua) |
|||||||||||
|
Bobot SKS |
: |
2
(Dua) |
|||||||||||
|
Lecturer |
: |
Arif
fanani, M.Pd. |
|||||||||||
|
NIDN/NIK |
: |
2114048403
[di HES] 2114048403
[di BKPI] |
|||||||||||
|
|
|||||||||||||
|
Deskripsi mata
kuliah |
Mata
kuliah ini membahas tentang pengertian dari ilmu budaya dasardimana budaya
merupakan suatu hal yang dapat memengaruhi bagaimana manusia berperilaku
dalam kehidupannya sehari-hari. Membahas juga mengenai tanggung jawab manusia
terkait dengan budaya yang melekat pada dirinya. |
||||||||||||
|
|
|||||||||||||
|
No |
Tinjuan Instruksional Khusus |
Pokok Bahasan |
Materi Perkuliahan |
Kegiatan perkuliahan |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
|
|||||
|
1 |
memahami
Pengantar Ilmu Budaya Dasar |
Kontrak
belajar & RPS |
1.
Pengertian
IBD 2.
Mengapa
perlu IBD 3.
IBD
bagi Mahasiswa 4.
Ruang
Lingkup IBD 5.
Tujuan
Instruksional IBD |
Dosen menjelaskan
kontrak kuliah dan gambaran perkuliahan selama satu semester. Mahasiswa
menandatangani persetujuan peraturan kontrak kuliah. |
|
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
2 |
memahami
Manusia dan Cinta Kasih |
Manusia
dan Cinta Kasih |
1.
Pengertian Cinta
Kasih 2.
Cinta Menurut Ajaran
Agama 3.
Pengertian kasih
sayang, kemesraan dan pemujaan 4.
Cinta Kasih
Erotis |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan
tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
3 |
memahami
Manusia dan Keindahan |
Manusia
dan Keindahan |
1.
Pengertian
Keindahan 2.
Hakikat dari
Keindahan 3.
Hubungan Manusia
dengan Keindahan 4.
Cara untuk
mengetahui suatu Keindahan |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
4 |
memahami Manusia dan Penderitaan |
Manusia
dan Penderitaan |
1.
Pengertia
Penderitaan 2.
Kekalutan Mental 3.
Penderitaan dan
Perjuangan 4.
Pengaruh
Penderitaan |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
5 |
memahami Manusia dan Keadilan |
Manusia
dan Keadilan |
1.
Pengertian
Keadilan 2.
Berbagai macam
Keadialan 3.
Kejujuran,
Kecurangan dan Pembalasan 4.
Pemulihan Nama
Baik |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
6 |
memahami Manusia dan Pandangan Hidup |
Manusia
dan Pandangan Hidup |
1.
Pengertian
Pandangan Hidup 2.
Cita-cita 3.
Kebajikan 4.
Usaha atau Perjuangan Sikap Hidup |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
7 |
memahami Manusia dan Tanggung Jawab |
Manusia
dan Tanggung Jawab |
1.
Pengertian
Tanggung Jawab 2.
Macam-macam
Tanggung Jawab 3.
Pengabdian dan
Pengorbanan |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
|
||||||||||
|
9 |
memahami Manusia dan Kegelisahan |
Manusia dan Kegelisahan |
1.
Pengertian Kegelisahan 2.
Keterasingan 3.
Kesepian 4.
Ketidakpastian |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
10 |
memahami Manusia dan Harapan |
Manusia dan Harapan |
1.
Pengertian
Harapan 2.
Apa sebab
Manusia mempunyai Harapan 3.
Faktor dalam Mencapai
Harapan |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
11 |
memahami Manusia sebagai Makhluk
Individu dan Makhluk Sosial |
Manusia
sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial |
1.
Manusia sebagai
Makhluk Individu 2.
Manusia sebagai
Makhluk Sosial 3.
Interaksi Sosial
dan Sosialisas |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Soal Latihan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
12 |
memahami Manusia dan Peradaban |
Manusia
dan Peradaban |
1.
Pengertian
Peradaban 2.
Manusia sebagai
Makhluk Beradab 3.
Masyarakat
Beradab |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Postingan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
13 |
memahani Manusia, Nilai, Moral dan
Hukum |
Manusia,
Nilai, Moral dan Hukum |
1.
Pengertian Nilai,
Moral dan Hukum 2.
Fungsi Nilai,
Moral dan Hukum 3.
Problematika
Nilai, Moral dan Hukum |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan memberikan
tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Postingan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
14 |
memahami Manusia, Sains, Teknologi dan
Seni |
Manusia,
Sains, Teknologi dan Seni video atau gambar |
1.
Pengertian
Sains, Teknologi dan Seni 2.
Hakikat Manusia
dan IPTEKS 3.
Dampak
Penyalahgunaan IPTEKS terhadap Manusi |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
Postingan |
2 x 50 minutes |
|
|||||
|
15 |
memahami Manusia, Sains, Teknologi dan
Seni |
Manusia,
Sains, Teknologi dan Seni |
Pengertian
Keragaman dan Kesetaraan |
1.
mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran 2.
penyampaian materi 3.
memberikan makna terhadap materi pelajaran 4.
Menyimpulkan materi 5.
Memberikan tugas yang relevan, serta dengan
memberikan tes materi yang telah diajarkan untuk dikerjakan oleh siswa. |
|
2 x 50 menit |
|
|||||
|
16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
|
||||||||||
